Jumat, 26 Agustus 2016

Panduan Merapihkan Meja Kantor

Setiap harinya kita menghabiskan sekitar 8 jam untuk bekerja. Sebagian besar pekerjaan pastinya tidak terlepas dari meja kerja dimana kita menempatkan semua perlengkapan, dari laptop, buku, dokumen, alat tulis, sampai botol minum. Janganlah dibiarkan meja kerja anda berantakan karena alasan tidak sempat atau malas merapikannya. Selain dapat bikin ruang kerja jadi lebih enak dilihat, tahukah anda bila meja yang rapi dapat memperbaiki produktivitas? Tak mau kan tempat kerja anda jadi jadi seperti ‘kapal pecah‘ dan bikin tidak kerasan.

Tidak sulit kok membereskan meja kerja, anda hanya perlu sisihkan waktu sejenak dan kumpulkan kemauan untuk membuat meja kerjamu lebih teratur. Cobalah aplikasikan beberapa tips berikut ini untuk membuat meja lebih rapi dan nyaman hingga pekerjaan terasa lebih mengasyikkan.

1. Atur barang dengan sistematis sesuai fungsinya
Pisahkan beberapa barang di mejamu dan kelompokkan sesuai fungsinya. Misalnya, dengan memasukkan kertas-kertas kedalam folder atau arsip hingga tidak menumpuk dan bikin meja terlihat berantakan, gabungkan alat tulis di satu tempat yang sama agar mudah di cari, dan sebagainya.
Ketika semua barang diatas meja kerja anda telah diatur dengan rapi, nanti ketika diperlukan tak ada lagi deh cerita harus mengubek-ubek meja. Semua dokumen yang telah dikelompokkan sesuai kebutuhannya akan mempermudah anda ke depannya. Jika mungkin, tambahkan label penanda di setiap folder dokumen juga ya agar mudah di cari.

2. Buang sampah pada tempatnya
Terkadang kita menyepelekan sampah kecil seperti bungkus permen, plastik pembungkus, robekan kertas, dsb hingga sampah kecil ini bertebaran diatas meja. Karena ukurannya yang kecil ini mungkin anda menganggapnya tidak penting dan akan tidak mengganggu. Tetapi, janganlah dibiarkan ini jadi kebiasaan karena malah akan menumpuk semakin banyak sampah diatas meja, lho.
Biasakan langsung buang sampah di tempatnya, sekecil apa pun ukuran sampah itu. Atau anda juga bisa sediakan tempat sampah kecil di dekat meja hingga anda dapat langsung buang sampah tanpa harus berjalan, terlebih bila lagi sibuk-sibuknya. Setelah terbiasa dari hal kecil ini, tentu meja akan jadi lebih bersih dan nyaman untuk bekerja kelak. Lihat: sewa kantor murah di jakarta selatan

3. Jauhi makan diatas meja kerja
Sadarkah anda saat mengemil atau makan siang diatas meja kerja seringkali ada remah-remah yang jatuh dan mengotori ruang kerja, baik itu diatas maupun bawah meja? Bila tidak ngeh, bebrapa bisa sisa makanan tadi mengundang hewan-hewan kecil mampir dan ujung-ujungnya jadi membuat tempat kerja jadi kurang nyaman. Oleh karena itu, usahakan untuk makan di ruang yang memang telah disiapkan untuk makan.

Jika memang terpaksa harus makan di meja kerja, pastikan sisa makanan dan kotorannya langsung dibersihkan, agar mejamu tetaplah bersih sepanjang hari. Tidak mau kan saat sedang serius kerja ternyata tangan kita tidak sengaja menyentuh sisa makanan yang berminyak dan jadi membuyarkan konsentrasi?

4. Biasakan membereskan meja sehabis bekerja
Agar meja kerja terjamin kerapiannya sepanjang minggu, biasakan bersihkan meja sebelum pulang kerja dengan teratur hingga sampah dan beberapa barang yang di rasa kurang penting tidak menumpuk diatas meja. Terlalu banyak barang dan dokumen bisa membuat tidak konsentrasi dan mengganggu kemampuan pekerjaan nanti.

Dengan membereskan meja sebelum pulang kerja, besok paginya akan jadi lebih semangat kerja deh karena tidak harus berhadapan dengan meja yang berantakan beberapa sisa pekerjaan di hari sebelumnya. Bila mau take it to the next level, bersihkan meja dengan memakai kain basah atau tisu basah. Lakukan ini paling tidak seminggu sekali hingga meja terjamin kebersihannya.

5. Siapkan kotak pensil untuk alat tulis kantormu
Tanpa memakai kotak pensil, biasanya alat tulismu akan berantakan begitu saja diatas meja. Sebelum semakin berantakan, yuk atur semua alat tulis, dari pulpen, pensil, klip, steples, dan sebagainya, lalu letakkan di suatu wadah. Saat membereskan alat tulis, pastikan juga anda mengetesnya untuk cek apakah masih berfungsi dengan baik. Jadi alat tulis yang sudah tidak berfungsi dapat dibuang dan tidak memenuhi tempat lagi deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar